Selasa, 11 Mei 2010

MENJADI GURU YANG PAKEM




Agar pendidikan kita maju dan berkualitas, maka para guru perlu memiliki PAKEM dalam mengajar dan mendidik para anak didiknya. PAKEM adalah :

1. P = Pembelajaran
2. A = Aktif
3. K = Kreatif
4. E = Efektif
5. M = Menyenangkan

Pembelajaran.
Pembelajaran adalah sebuah aktifitas. Di dalamnya ada yang belajar dan ada yang mengajar. Atau bisa disebut ada guru dan ada murid. Yang butuh ilmu adalah murid dan yang memberi ilmu adalah guru. Jadi guru harus memiliki ilmu yang luas. Bahkan memiliki pengalaman yang banyak dalam hidup. Agar tidak hanya menstransfer atau mengalirkan ilmu saja, tapi ilmu itu bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan cuma teori tapi praktek, bukan cuma tulisan tapi pengamalan. Nah, bagaimana murid termotifasi, tergerak dan bergairah dalam proses belajar mengajar ? Maka kita lanjutkan dari P ke A.

Aktif.
Pertama : Rajin masuk atau hadir bertemu dan berinteraksi dengan siswa.
Kedua : Aktif dalam kegiatan yang mendukung peningkatan pendidikan. Aktif membuat administrasi pembelajaran, aktif membaca, aktif seminar/workshop/diklat, aktif MGMP, aktif menulis, dll.

Kreatif.
Kreatif dalam menerapkan metode pembelajaran.
Kretaif dalam mengkondisikan atau menata siswa dalam KBM.
Kreatif dalam membuat atau mendisain materi yang menarik.
Kreatif dalam membuat istilah-istilah pembelajaran yang mudah diingat siswa.

Efektif.
Efektif berhubungan dengan waktu.
Waktu 1 jam atau 2 jam pelajaran dalam proses pembelajaran benar-benar bermakna, bermanfaat dan berkesan.
Dalam satu minggu benar-benar bermutu.
Dalam satu bulan benar-benar berkembang.
Dalam satu semester siswa benar-benar pinter.
Dalam satu tahun pelajaran sekolah benar-benar berubah menghasilkan anak didik yang berbeda dengan satu tahun sebelumnya. Berubah lebih cerah, lebih cerdas, lebih mulia, lebih taat beribadah dan lebih dewasa dalam berfikir ke arah positif.

Menyenangkan.
Ini harus diawali dengan hati guru yang ikhlas.
Ikhlas yang didukung dengan Aktif, Kreatif dan aura yang menyenangkan akan membuahkan anak didik yang cinta guru, bergairah, bersemangat, rajin dan disiplin.
Menyenangkan dalam bertutur.
Menyenangkan dalam bergaul.
Menyenangkan dalam mengajar.
Metodenya, Pakaiannya, Senyumnya, Pengarahannya, membuat murid tak bosan jadi penasaran. Esok pagi murid telah menunggu-nunggu materi apa lagi yang akan diberikan oleh guruku yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar